Kamis, 02 Desember 2010

EMBRAER EMB-314 SUPER TUCANO






































Serba Serbi Pesawat Latih TNI AU Super Tucano - NET24


Indonesian Air Force Embraer EMB 314 Super 
Tucano A 29 Turboprop Light Attack Aircraft

                        Membedah Kecanggihan Pesawat Terbang Super Tucano


                AKSI JAGO SUPER TUCANO DI LEMBAH BROMO I Bromo Valley Airshow 2018




A-29 Embraer EMB-314 Super Tucano

Dari berita di majalah Angkasa edisi No 3 Desember 2010, Indonesia(TNI-AU) telah menandatangani kontrak pembelian 8 unit pesawat ini untuk mengganti pesawat OV-10 Bronco. Indonesia menjadi negara pertama di kawasan Asia Pasifik yang mengoperasikan pesawat ini. Pengiriman akan dimulai tahun 2012. Dari edisi no 7 April 2011 terjawab sudah bagaimana direncanakan markingnya seperti terlihat difoto tsb diatas.
Pada tgl 1 sept 2012 mendaratlah 4 unit Super Tucano versi kursi ganda di Halim PK, hampir semua media mempublikasikannya salah satunya adalah antaranews, diberitakan 4 unit lagi akan datang dibulan januari 2013 dan akan terus berdatangan hingga 16 unit atau 1 skadron. 

  Liputan6.com, Rabu (10/2/2016), pesawat tempur intai-sergap serba guna buatan Embraer SA, Brasil ini datang ke Indonesia secara bertahap. Pada tahap pertama datang 4 unit pada awal September 2012. Saat mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusumah, pesawat itu masih bernomor registrasi eksperimental tanpa slot dan pod persenjataannya.
Keempat batch perdana itu kemudian diberi nomor registrasi TT-3101, TT-3102, TT-3103, dan TT-3104. Kemudian, pada September 2014, sebanyak 4 unit lagi pesawat EMB-314 Super Tucano tiba di Pangkalan Udara Utama TNI AU Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur.
4 pesawat itu langsung bergabung dengan 4 unit Super Tucano terdahulu di Skuadron Udara 21 Wing Udara 2. Keempat Super Tucano pada batch kedua ini diberi nomor register TT-3105, TT-1306, TT-1307 dan TT-1308. Kode TT pada awal angka bermakna Tempur Ttaktis.

Super Tucano memiliki kemampuan menempuh operasi jarak jauh karena dilengkapi mesin berkuatan 1.196 kW jenis Hartzell 5-blade dan Pratt & Whitney Canada PT6A-68C turbo prop. Dengan mesin tersebut, Super Tucano mampu melesat hingga 590 km per jam hingga jarak 1.330 km.
Pesawat ini juga mampu menampung 7 jenis senapan mesin, yakni 2 unit senapan mesin FN Herstal M3P kaliber 12,7 mm jenis di bagian sayap, 1 unit kanon GIAT M20A1 kaliber 20 mm di badan pesawat, senapan mesin FN Herstal HMP kaliber 12,7 mm, dan 4 minigun Dillon Aero M134 kaliber 7,62 mm.

Masing-masing sayap mampu membawa 4 unit roket berkaliber 70 mm yang bisa digunakan untuk pertempuran udara atau menembak target di darat. Tak hanya itu, Super Tucano juga bisa membawa bom dalam misi-misi tertentu.

Super Tucano menggunakan sistem avionik MIL-STD-1553 seperti yang digunakan jet tempur AS modern lainnya, seperti F-16 Falcon, F-18 Hornet, AH-64 Apache, P-3C Orion, F-15 Eagle and F-20 Tigershark, serta sistem pengelihatan malam berupa NVG ANVIS-9
Pada hari Rabu 10 Februari 2016 salah satu pesawat latih ini TT-3108 jatuh di kawasan permukiman warga di Jalan LA Sucipto, sekitar pukul 10.15 WIB.

TNI AU telah mengganggarkan dana untuk persenjataan pesawat tempur taktis multifungsi itu. Jajaran persenjataan telah dibuktikan banyak negara cocok untuk dipasang di lima hard point atau pod persenjataannya, mulai dari senapan mesin berat kaliber 12,7 milimeter, bom konvensional Mk-81 dan Mk-82, peluru kendali udara-ke-udara jarak pendek AIM-9 Sidewinder, hingga peluru kendali Piranha.sementara dengan tangki eksternal untuk memperpanjang jarak tempuhnya dari semula 1.600 kilometer menjadi sekitar 2.500 kilometer dalam kecepatan jelajah 500 kilometer perjam.

Modelkitnya bulan Juni 2014 sdh sy peroleh dari merk Gifo skala 1/72 lengkap dg decal TNI-AUnya sbb:

untuk type short tucano mokitnya ada dipasaran dari merk Airfix, Premiere, Airframe, Alleycat dan Liberty skala 1/72 dimana berbeda dimensi. Jika ingin membuatnya dari bahan tersebut perlu memodivikasi beberapa bagian dikokpit-moncong-ekor, seperti terlihat gambar di bawah..selamat mencoba.


  

Keberadaan pesawat tempur jenis Super Tucano EMB-314 adalah untuk mengganti pesawat tempur taktis OV-10 FBronco yang saat ini sudah “grounded”.James menjelaskan, kedatangan empat pesawat tersebut diketahui setelah tim dari Mabes TNI-AU yang terdiri atas delapan perwira dan tiga anggota penyedia jasa, datang ke Pabrik Pesawat Terbang Embraer Defense System di Brazil, awal Juli lalu.Tim dari Mabes TNI-AU bertugas sebagai “Design Review Meeting” (DRM) atau penentuan akhir sebelum pesawat tersebut dirakit. “Dengan kedatangan tim itu, bisa diartikan pesawat itu segera diproduksi untuk memperkuat kekuatan TNI AU,” katanya.Sementara untuk persiapan kedatangan pesawat tersebut, TNI AU menyiapkan 12 pilot untuk mengawaki pesawat latih taktis Super Tucano A-29, dan daftar pilot itu telah diajukan ke Mabes TNI AU guna dilakukan verfikasi kelayakan.“Beberapa ukuran kelayakan telah disertakan, seperti usia pilot minimal 24 hingga 35 tahun serta merupakan lulusan 1997 hingga 2007, termasuk keahlihan berbahasa Inggris,” katanya.Rencananya pesawat Super Tucano akan digunakan untuk misi operasi taktis dalam membantu pasukan di darat sebab pesawat tersebut memiliki keunggulan “close air support”.Sementara itu, pesawat Super Tucano juga memiliki mesin tunggal buatan Empresa Braziliera de Aeronautica, dan memiliki kemampuan menembakkan asap ke darat secara cepat untuk menunjukkan posisi musuh.Selain itu, pesawat itu tidak hanya sebagai pesawat latih, namun juga memiliki kemampuan untuk misi penghancuran.

Pada bulan Juli 2012 Om Alex ngeshare you tube pesawat ini first flight dipabriknya Brazil sono..kalo mo liat langsung aja ke youtube ketik embraer tni au.Nah ini barusan dapet photonya di web http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m=607928


Dari milis http://www.aviationnews.eu/2012/08/06/embraer-delivers-the-first-four-a-29-super-tucano-to-indonesian-air-force/ ada photo dan cerita soal pesawat ini sbb:
São Paulo, August 6, 2012 – Embraer Defense and Security has today delivered four light attack and tactical training A-29 Super Tucano aircraft to Indonesia’s Air Force at a ceremony held in its facility in Gavião Peixoto, São Paulo, Brazil. Indonesia is the first operator of Super Tucano in the Asia-Pacific region. These four A-29 Super Tucano are from the initial batch of eight aircraft purchased by the Indonesian Air Force (IAF) in 2010. The IAF has since ordered a second batch of eight Super Tucanos as part of their equipment modernization exercise, bringing the total number of orders to 16 aircraft.
“We are honored that the Indonesian Air force has selected the A-29 Super Tucano as the preferred choice in their fleet modernization program”, said Luiz Carlos Aguiar, President of Embraer Defense and Security. “The Super Tucano is a mature, proven and mission-ready aircraft with more than 160 units in operation globally.”
The Super Tucano was chosen by the Indonesian Defense Forces to replace a fleet of OV-10 Broncos as part of their equipment modernization exercise for years 2009 – 2014. With more than 157,000 flight hours and over 23,000 combat hours achieved, the Super Tucano offers the flexibility to perform a broad range of missions including light attack, surveillance, air-to-air interception and counter insurgence. The aircraft makes excellent use of the most recent electronic, optical, infra-red and laser technologies, as well as secure radio communications with data-link, and an unparalleled weaponry capability, making it highly reliable and at a top-level cost/benefit ratio for a wide range of military missions, even operating from unpaved runways

 Super Tucano TT 3108 jatuh pada pukul 10.09 WIB,....rabu 11 feb 2016 di desa Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, by koran tempo



PlanespottersNet_


Beberapa pabrikan mokit :






yang ini mokit rakitan Om Wimba...

rakitan om Eri Surahman








rakitan modeler mancanegara
 http://www.network54.com/Forum/47751/message/1411643820
 by  Pierre Giustiniani 










6 komentar:

  1. Wah salut nech dg teman satu ini, cepat jga info dan referensinya ttg super tucano. Saya tertarik jga mo koleksi kitnya, tpi harus bersabar sampai ada yg produksi...minimal skala 1/48:))

    BalasHapus
  2. thanks komentnya,wah klo kitnya yg 1:48 pasti manteb

    BalasHapus
  3. Kalo mau beli decals Tucano tni skala 1:72 dimana ya?

    BalasHapus
  4. @Om Reza: coba hubungi Flanker List :https://www.facebook.com/flanker.list?fref=hovercard

    BalasHapus
  5. Om Eko kalau mau beli yg merk GIFO dmn yah..?? Harga nya brapa..??

    BalasHapus
  6. @Lavy:belinya ama Om Flanker sdh ama decal tni-au nya

    BalasHapus