Senin, 02 November 2015

C-295 AEW & C









AM-ELTA - C-295 Airborne Early Warning & Control



CASA C-295 AEW

Seberapa Penting Pesawat AEW&C?
Airborne Early Warning and Control (AEW&C) merupakan aset udara bernilai sangat tinggi diangkatan bersenjata modern, karena dengan memiliki pesawat AEW&C sebuah Angkatan Udara akan memiliki keunggulan lebih dibandingkan pasukan musuh di ruang udara tertentu. AEW&C didasarkan pada sistem radar yang dipasangkan kepada pesawat terbang, misi utamanya yaitu untuk mendeteksi target udara yang jauh, terlebih lagi AEW&C dapat mencegah musuh menguasai ruang udara tertentu dengan mengetahui gerak gerik pesawat musuh tersebut.

Pesawat AEW&C memiliki 2 tujuan dasar yaitu :
1) Pesawat tersebut berfungsi sebagai mobile radar platform.
2) Dan mereka juga dapat berfungsi sebagai Command center.

Tidak seperti radar berbasis di darat, AEW&C adalah platform radar bergerak sehingga musuh akan kesulitan menemukan lokasi/posisi AEW&C dengan tepat, pesawat tersebut juga bisa menjadi "Mata" utama dari Angkatan Udara sebuah negara yang sangat efisien dalam sebuah pertempuran. Sebagai contoh, C-295 AEW&C yang dipilih Vietnam memiliki daya tahan terbang hingga 11 jam dalam keadaan full bahan bakar, sudah dipasangkan 3 unit radar yang di letakkan dalam rotodome dan sudah berteknologi radar AESA generasi ke 4 buatan IAI/ELTA Israel, radar AESA gen 4 Israel tersebut sudah terintegrasi dengan sistem Indentification Friend or Foe (IFF).
Lalu pesawat IAI EL/W-2085 (Gulfstream G550) AEW&C milik Singapura buatan Israel juga memiliki radar AESA yang mampu melacak 100 target pesawat musuh secara langsung dalam jangkauan 370 Km, menurut RSAF Singapura pesawat Gulfstream G550 AEW&C mereka jauh lebih murah dalam biaya oprasionalnya dan lebih canggih ketimbang EL/M-2075 berbasis Boeing 707 dan E-2C Hawkeyes.

Partners : Camilo_WW2_history
Jangan lupa follow IG kami di : @mightywarr atau klik link ini : https://www.instagram.com/mightywarr/?hl=id


Pesawat Airborne Early Warning and Control (AEW & C) belum dimiliki Indonesia saat ini, sementara negara sebelah sudah pada punya, kita tinggal sedikit saja memodivikasi dari type C-295 yang sudah biasa dirakit PT DI. Pesawat ini juga sudah diuji cobakan Airbus



Pesawat AEW  ini memiliki fungsi untuk mendeteksi pesawat terbang, kapal perang, dan kendaraan jarak jauh serta melakukan pengendalian dan komando dalam pertempuran udara dengan mengarahkan pesawat tempur kawan menuju sasaran.
Pesawat AEW   memiliki radar dg memiliki daya endus yang mumpuni ini mampu memberikan peringatan dini kepada pesawat tempur kawan jika terdeteksi adanya kehadiran pesawat tempur musuh. Informasi peringatan dini ini bisa diberikan pesawat AEW kepada pesawat kawan saat musuh masih jauh diluar jangkauan radar pesawat tempur biasa. Dengan adanya informasi peringatan dini ini, pesawat tempur kawan bisa melakukan antisipasi dini sebelum berhadapan dengan pesawat tempur lawan.


Tapi ternyata tidak semudah yang saya bayangkan untuk memiliki pesawat seperti ini, banyak kendala soal sistem apa yang bakal dipasang? Sistem itu harus mampu mendeteksi dan berkomunikasi dengan semua pesawat terbang di TNI dan Polri juga semua peralatan radar pendukungnya baik didarat maupun laut. Padahal kita punya banyak jenis pesawat terbang buatan berbagai negara dengan berbagai sistem radar.
Modelkitnya baru ketemu 1 pabrikan yang membuat yaitu

mokit yg telah dibuat non AEWC radarnya perlu dibikin sendiri ..kalo dibikin motif "tampah" di cet merah putih seru kali ya?

mokit scratchbuild :
https://www.facebook.com/media /set/?set=a.731729993526727.1073741840.412836322082764&type=3






Tidak ada komentar:

Posting Komentar