Selasa, 19 Oktober 2010

NUSANTARA N-2130



Perbandingan dg airbus dan boeing





Beberapa pabrikan mokit yg mirip :









Dua Satu Tiga Puluh (DSTP) N-2130


PT Dua Satu Tiga Puluh (DSTP) secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama pertama dengan PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Melalui kesepakatan itu, PT DSTP menunjuk IPTN untuk mengembangkan atau melakukan penelitian dan pengembangan pesawat jet N-2130.Pesawat N-2130 adalah pesawat jet komuter berkapasitas 80-130 penumpang rancangan asli IPTN (Sekarang PT Dirgantara Indonesia,PT DI, Indonesian Aerospace), Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.(http://aircraft-manufacture.blogspot.com/2009/09/desain-terbaru-n-2130.html)
Sayang sekali proyek ini kandas ditengah jalan karena krisis moneter, hingga saat ini belum ada prototipe yang dapat diterbangkan. Padahal jika dapat diproduksi mungkin TNI-AU dapat menggunakan sebagai pesawat VVIP kepresidenan atau sebagai pesawat air and maritime surveillance.

Modelkitnya..belum diketemukan, jika ingin membuatnya harus memodivikasi dari pesawat sejenis yang mirip seperti Airbus A319 atau Boeing 737-300 seperti photo box di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar