Rabu, 29 September 2010

SIBELALANG NU-85

http://aviadejavu.ru/Site/Crafts/Craft32228.htm#en



NU 85 http://aviadejavu.ru/Images6/AN/AN80-4/12-2.jpg


N0 90 http://aviadejavu.ru/Images6/AN/AN80-4/12-5.jpg

 
https://aviahistoria.com/2017/07/31/swadaya-pesawat-latih-yang-gagal-nu-8590-belalang/


by aviahistoria.com

by buku Bhakti TNI-AU 1946-2003 - Wawa

Belalang NU- 85  NU-90

https://aviahistoria.com/2017/09/20/kisah-si-kunang-dan-belalang-taklukan-jawa/
Sepanjang tahun 1957 dimulai pekerjaan modifikasi pesawat Piper L-4J agar dapat digunakan sebagai pesawat latih dasar, yang kemudian lebih dikenal sebagai NU-85 Belalang (Grasshopper). Apabila kegiatan modifikasi ini mampu menghasilkan pesawat yang lebih baik dari pesawat aslinya, maka semua pesawat Piper L-4J akan dimodifikasi menjadi NU-85 Belalang. Prototip pesawat ini berhasil melaksanakan uji terbang pada 17 April 1958. Selanjutnya dilaksanakan program modifikasi terhadap semua pesawat Piper L-4J menjadi Belalang, antara lain dengan mengganti mesin Continental 0-200-A model 90 (90 daya kuda) dengan mesin baru yang berkekuatan lebih besar (100 daya kuda) yaitu Continental 0-200-A model 90 A.
http://budhiachmadi.wordpress.com/2009/09/05/lipnur-perintis-industri-kedirgantaraan/
 Registrasi yang diketahui yaitu X-03,P-321,P-354,P-373

Varian

  • Belalang 85 - purwarupa
  • Belalang 90 - pesawat produksi , diproduksi 5 buah
  • Belalang 90A - Mesin Continental O-200 75 kW (100 hp) menggantikan Continental C-90-12F 67 kW (90 hp) yang digunakan sebelumnya, kanopi geser , bagian roda yang diubah.[2]

Spesifikasi (90A)

Ciri-ciri umum
  • Kru: 2
  • Panjang: 7.70 m (25 ft 3½ in)
  • Rentang sayap: 9.50 m (31 ft 1 in)
  • Tinggi: 2.03 m (6 ft 8 in)
  • Luas sayap: 15.0 m² (161.5 sq ft)
  • Airfoil: USA-35B
  • Aspect ratio: 6
  • Berat kosong: 230 kg (506 lb)
  • Berat maksimum saat lepas landas: 330 kg (726 lb)
  • Mesin: 1 × Continental O-200-A air-cooled flat-four, 75 kW (100 hp)
Kinerja
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/LIPNUR_Belalang 
https://www.wikiwand.com/id/LIPNUR_Belalang

Peninggalan dari Penerbad masih ada sudah tinggal rangka tanpa sayap  di Shelter SMK Penerbangan Wira Aqasa Bhakti Jl Jembawan, Semarang (photo by Tjipto Muljono)






NU-90 Penerbad yang tersisa dishelter SMK penerbangan WAB Jl Jembawan Semarang
 by Tjipto Muljono
NU-90 Penerbad by Hizkia Steven

Photo dari Hizkia Steven dalam video puspenerbad ada foto. NU-90 Belalang milik Puspenerbad (ADRI/TNI-AD) kalau dilihat registasinya adalah 4027... Kalau dilihat sekilas, di body ada sedikit kerusakan semacam robek yg cukup besar, mungkin dulu pesawat ini pernah teronggok di Hangar Puspenerbad Semarang hingga akhirnya sempat hanya menyisakan rangka bodynya saja dan saat ini rangka pesawat tersebut sudah dipindah ke SMK Penerbangan Wira Aqasa Bhakti, Semarang.. Semoga saja si NU-90 TNI-AD reg 4027 ini bisa direstorasi kembali dan dapat dilihat oleh generasi selanjutnya sebagai bukti kalau TNI-AD pernah punya pesawat ini dan juga sebagai bukti kalau Indonesia dulu sudah bisa memodifikasi pesawat dengan desain sendiri

Modelkitnya dipastikan tidak akan ditemukan pabrikan yang membuat, untuk membuatnya sepertinya dapat dibuat dari memodifikasi modelkit pesawat sejenis yang paling mirip adalah :

1. Piper L-4J 
dengan merubah posisi sayap  menjadi dibawah badan, membuat cockpit sesuai photo di atas...sebuah tantangan menarik.





2. Fokker S-11 Constructor
Hanya merubah sedikit canopy dan sayap saja.


2. Aermacchi M-416


Contoh Mokit Fokker S-11 Constructor yg dirakit modeller  Hans Martini




1 komentar:

  1. wah baru tahu kalau dulu sebelum B.J Habibie merancang pesawat sudah ada usaha untuk membuat pesawat sendiri

    BalasHapus