Minggu, 22 Agustus 2010

PILATUS PC-6 Turbo Porter






 
by kamtoadisaputro

by pilatushistoryandnews blgspt com

by Ari Pamungkas


pc6-pilatus skyscrapercity com


 
 

 by Ben Leonard

by febriyanto rachman ramadhan

 






Lari pagi ke Lanud Suryadarma by Hendra Harmawan



Pilatus PC-6 Turbo Porter

Pilatus adalah produsen pesawat terbang dari Swiss yang memproduksi beberapa jenis pesawat berbadan kecil, salah satunya adalah porter, dari cerita di milis Indonesia pernah menerima 5 untuk AU dan 2 untuk AD. Tadinya saya agak bingung juga nih status pesawat ini, pake logo segilima TNI-AU tapi kok beberapa photonya terbang diatas sawah nyemprot hama ya? Selain pesawat Helikopter Ternyata TNI-AU punya satuan udara tani di Lanud Suryadarma tempat mangkalnya pesawat ini dg serial numbernya ST-0601 dan ST-0602. Disamping itu terdapat pula pesawat PZL Gelatik dan pesawat Viper yang digunakan untuk mendukung kegiatan terbang layang. http://tni-au.mil.id/content/lanud-suryadarma



cerita lebih lanjut bisa dibaca disini
1. http://kamtoadisaputra.blogspot.co.id/2013/07/satuan-udara-pertanian-dalam-sejarah.html
2. http://pilatus-history-and-news.blogspot.co.id/2013_09_01_archive.html
3. ANGKASA NO 6 MARET 2OO3 tertulis: Dibanding skadron-skadron lainnya di lingkungan TNI AU, boleh jadi Satud Tani paling survive. Sejak dibeli lima unit tahun 1977, jumlah PC-6 masih utuh sampai sekarang. Kondisi riilnya, dua siap terbang (ST-0502, 5T-0605), sebuah dalam finishing perbaikan (ST-0501), dan dua lainnya rusak namun sosoknya masih utuh (ST0603, 5T-0604).

Peninggalan pesawat ini belum ada yang dapat dilihat untuk umum , diharapkan nantinya setelah pensiun pesawat ini dapat dipajang dimuseum Suryadharmalah yg paling dekat pangkalannya saat ini, supaya generasi penerus kita dapat mengetahui bahwa TNI-AU juga punya keterkaitan dengan dunia pertanian.

Modelkitnya saya sudah dapat dari merk Roden skala 1:48 tapi sudah pindah tangan ke Om Wawa dan sudah dirakit jadi Penerbal :







 By Erwin Modelkit skala 1:48
 
 
 
 

by Radit Ajalah;



Beberapa pabrikan mokit :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar