Kamis, 12 Agustus 2010

ANTONOV An-12 Cub



http://aviadejavu.ru/Site/Crafts/Craft20658-1.htm#en



by its.satriyo


ryanda damarrr


PHOTO-PHOTO SAAT OPERASIONAL
                                                                                    




by SamsUdin Putranto Hanafi





by Anton Priangga Utama, Indonesia crew

by Anton Priangga Utama

by Sudiro Sumbodo

                                                                      by Iyas Harlyansyah



by first flight I
https://www.facebook.com/104238421372225/posts/360902779039120/?app=fbl



An-12 yang jatuh by Angkasa









Antonov An-12 BP

Sekelumit cerita dari website : Desember 1960, Jenderal AH Nasution berangkat ke Moskwa, Uni Soviet dan berhasil membeli Alutsista, AURI had six An-12s, T-1201 to T-1206. T-1203 crashed 16 October 1964 on take-off from Palembang. one Crash Near Halim After Flight From BDO On Mission Dwikora Squadron 32 Three were stored at Husein Sastranegara, Bandung in 1970 cerita selengkapnya bisa dibaca di
  1. http://indomiliter.com/2013/11/04/antonov-an-12b-cub-eksistensi-pesawat-angkut-berat-tni-au-yang-terlupakan/
  2. Sejarah Penerbangan Indonesia by Sudiro Sumbodo https://www.facebook.com/groups/936657476416144/
  3.  https://aviahistoria.com/2017/08/15/antonov-an-12-t-1205-ardjuna-dari-ukrania/
Sedangkan foto unik yang ini muncul di buku Antonov An-12 Cub karya Yefim Gordon dan Dimitry Komissarov justru menampilkan Ardjuna ber-livery sipil milik Kementerian Perhubungan Udara dengan registrasi sipil PK-PUB. Sepertinya An-12 Ardjuna sempat dipakai oleh instansi sipil. Pada buku yang sama, diberi keterangan "Through wearing a civil registratio and 'Ministry of Air Communication' titles, An-12 PK-PUB Ardjuna is an Indonesian Air Force Aircraft (ex AURI serial T-1205). It was lost in a crash in the mid-1960s."
T-1201crash beberapa saat setelah diteima


Serial number catatan dari Om Roland Adrie ;

T-1201 An-12BP 40 22 01
T-1202 An-12BP 40 22 02
T-1203 An-12BP 40 22 03
T-1204 An-12BP 40 22 04
T-1205 An-12BP 40 22 05
T-1206 An-12BP 40 22 06


baca juga ; 

Peninggalannya skarang tidak dapat kita temui, ceritanya dulu pesawat2 ini di-cacah2 alias dimutilasi seperti kisah si Mil Mi-6.

Foto-foto An-12BP AURI Dan sempat dipakai oleh Kementerian Perhubungan Udara Republik Indonesia ( dengan registrasi PK PUA /PK PUD ).
Menurut beberapa sumber, Indonesia sendiri Memiliki An-12BP dari Uni Soviet sekitar 6 buah ( T-1201 hingga T-1206) pada tahun 1964-65. An-12BP sendiri merupakan salah satu varian An-12B yang diupgrade dengan diameter ruang lebih lebar dan diharapkan mampu mengangkut 100 orang sekaligus, memiliki sistem navigasi jenis baru NAS-1B1-28 dan sistem pengaturan koordinat pada radio RSKM-2 . Ya walaupun demikian varian ini tidak ada Tailgun (Senapan mesin / kanon di ekor pesawat) pesawat tersebut juga mampu membawa muatan sekitar 20 ton dalam jarak 3.600 ( tanpa muatan bisa mencapai 5.700 km) .
Dalam Pelayanan nya di AURI oleh Skadron 32 setidaknya ada 2 An-12BP yang jatuh akibat malafungsi dan menyisakan 4 buah saja pada 1970, bukan AURI saja Kementerian Perhubungan Udara Republik Indonesia juga di beri An-12BP dari AURI pada tahun 1966 ( kalau tidak salah) walaupun beberapa waktu kemudian 4 An-12BP ini tidak dipakai akibat kekurangan suku cadang dan ditelantarkan begitu saja sampai di scrap ( dibongkar) pada 1980an
Daftar Nomor registrasi An-12BP AURI
T-1201 An-12BP ( Scrap)
T-1202 An-12BP ( kemungkinan crash di halim saat Dwikora berlangsung )
T-1203 An-12BP ( Crash pada 1964 )
T-1204 An-12BP ( Scrap)
T-1205 An-12BP ( Scrap)
T-1206 An-12BP ( Scrap)
Dari ke 6 An-12 hanya 2 yang tidak memiliki didokumentasikan yaitu T-1202 dan T-1203
bila ada kesalahan pada penulisan atau kurang benar mohon koreksinya
Untuk soal perbandingan C-130B vs An-12BP silakan cari sendiri :V
SC :

Modelkitnya telah saya peroleh dari merk Roden AN-12BK PPS skala 1:72, masih dalam proses perakitan dan akan dimodivikasi sehingga seperti An-12 Cub, sudah diberi maskingtape tinggal dicat airbrush dan dibuatkan decal AURInya sesuai photo diatas. Photo di bawah An-12 rakitan maxim_g http://www.britmodeller.com/forums/index.php?/topic/234935927-172-roden-an-12bk-civil-version/

mokit rakitan saya yang mangkrak:



mokit rakitan modeller :
by Gatot Widjoseno



by; juragan.diecast.jogya




                                                                     By Cahaya Mokit




Berikut photo2 di bawah dari gallerynya indoflyernet..posisinya berada di bandara Sentani di Papua, sejak oktober 2009 dan pd th 2014 jika dilacak dengan google map pesawat tsb masih nampak dibandara namun sudah tidak di atas apron lagi, ini sangat bagus untuk dijadikan replika dan dimuseumkan disalah satu museum dirgantara kita, sehingga masyarakat dapat merasakan bagaimana gagahnya pesawat ini saat operasional.


posisi oktober 2018

Beberapa pabrikan mokit :




2 komentar:

  1. pak,
    kit nya roden kan ada yg PPS dan Cub.
    bapak pakai yg PPS tp keterangan judulnya pakai Cub.
    apakah keduanya sama tipenya?
    mohon masukan krn juga mau nyari kitnya.
    tks

    BalasHapus
  2. trm ksh komentnya, PPS dan Cub emang beda, jadi sy hrs merubahnya sedikit di jendela2 dan bagian ekor shg spt Cub

    BalasHapus